Kurikulum SMA di Jepang

saya belum pernah ke jepang, tulisan ini saya dapat ketika melakukan pencarian di google,  dan saya pikir bagus juga kalo di pancar teruskan dalam blog ini. sekedar berbagi informasi aja seh….

 

semoga bermanfaat,

Apa yang dipelajari anak-anak SMA di Jepang ? Ketika menulis laporan untuk Teacher Training 1 tahun yang lalu, saya mendapatkan data kurikulum pembelajaran di beberapa SMA, yang darinya saya menemukan adanya perbedaan dan nuansa `agak bebas` dalam term pengembangan pendidikan di Jepang berdasarkan ciri khas masyarakat atau daerah.

Berikut saya kutipkan kurikulum sebuah SMA milik kota Nagoya, provinsi Aichi

Kelas 1 :

Bahasa Jepang (4 kredit), Geografi A (2),  Math I (3), Integrated Science A (2), Sports (3), Penjas (1), Kesenian &  Ketrampilan (2, pilihan : kaligrafi, musik, art), bhs Inggris (3), Teknologi Informatika (3), Industry, society dan manusia (2), Pilihan wajib (4, terdiri dari : Bhs Inggris dan Math A, Bhs Inggris dan Literatur kuno, Integrated Science B dan Math A). Home room (1)

Kelas 2 :

Sejarah dunia (2), Masyarakat modern (2), Science (2, pilihan : fisika I, biologi I, kimia I), Sports (3), Penjas (1), Keterampilan Keluarga (2), Integrated Course (1), Mata pelajaran pilihan sesuai jurusan (12), Mata pelajaran pilihan bebas (4), Home room (1)

Kelas 3 :

Sports (2), Keterampilan Keluarga (2), Integrated Course (2), Mata pelajaran pilihan jurusan (16), mata pelajaran pilihan bebas (7), Home room (1).

Bandingkan dengan kurikulum SMA Negeri di kota Wakkanai, provinsi Hokkaido :

Kelas 1 :

Bhs Jepang (4), Sejarah Dunia (4), Math I (3), Math A (2), Kimia I (2), Sports (3), Penjas (1), Keterampilan I (2), Bhs Inggris Oral Conversation I (2), Bhs Inggris  I (3),  Keterampilan Keluarga (2), Integrated Course (1), Home room (1)

Kelas 2 :

Peradaban modern (2), Literatur kuno (2), Sejarah Jepang B (2) atau Geografi B(2),  MathII (4), Math B (2), Science (1), Biologi Tanaman, Bioogi Hewan (3), Sports (3), Penjas (1), Keterampilan (1), Bhs InggrisII (4), Keterampilan keluarga (1), Teknologi Informatika A (2), Integrated Course (2), Home room (1)

Kelas 3 :

Peradaban modern (2), Logika (2),  Ekonomi dan pemerintahan (2), Science (1), Sports (3), Reading (5), Pelajaran pilihan (4, pilihan : literatur kuno, Reading literatur kuno, Math III), Mata Pelajaran pilihan (2, pilihan : sejarah dunia B, sejarah Jepang B, Geografi B, Math B, Keterampilan II), Pilihan (3, pilihan : Math Standar, Math II, Math B, Kimia II), Pilihan (2, ekspresi bhs Jepang, Math C, Oral Conversation I, Reading), Pilihan (2, Biologi Tanaman II, Biologi Hewani II, Ilmu Bumi II), Integrated Course (1), Home room (1).

Keterangan :  Agka di dalam kurung adalah jumlah kredit, Math A, Math B, Math C adalah pembagian seperti Aljabar, Arithmetika, dan Geometri.  Integrated Course adalah jam khusus untuk mempelajari banyak hal dan merupakan paduan beberapa subject.  Home room adalah kegiatan aktivitas kelas, misalnya persiapan event tertentu, rekreasi kelas, pentas seni dll. Mata pelajaran pilihan ditawarkan untuk membantu siswa merancang lapangan kerja yang akan ditekuninya di masa mendatang.

Berdasarkan kurikulum kedua sekolah terlihat bahwa :

1. Sekolah di Jepang sedikit mempunyai kebebasan meramu sendiri kurikulum sekolah. Kurikulum di setiap daerah berbeda.

2.  Mata pelajaran yg distandarkan secara nasional seperti bahasa Jepang, bhs Inggris, Math, Sejarah, Sports, Penjas, Keterampilan dan Kesenian, Science,  Integrated Course, Home room tetap diberlakukan.

3. Sekolah memiliki kebebasan meramu pelajaran pilihan

4. Pelajaran pilihan ditekankan pada jenjang kelas 2 dan 3

5. Jumlah kredit rata-rata 30 per jenjang.

Beberapa waktu yang lalu dalam sebuah survey diketahui bahwa sebagian besar sekolah tidak mengajarkan sejarah dunia dan sejarah Jepang karena tidak masuk dalam bahan ujian masuk PT. Maka Kementerian Pendidikan pusat mengeluarkan peraturan bahwa sekolah harus menambah jam belajar khusus untuk mengejar pembelajaran kedua subject tersebut.

Sebenarnya tidak hanya di Indonesia yang bermasalah dengan ujian, hanya bedanya Indonesia pusing dengan ujian kelulusan SMA dan ujian masuk PT, sedangkan di Jepang hanya dipusingkan dengan ujian masuk PT.

sumbernya dari :

http://murniramli.wordpress.com/2007/04/13/kurikulum-sma-di-jepang/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: